Profil ZAWA

VISI:

Menjadi Program Studi yang unggul dan terkemuka dalam menghasilkan sarjana hukum Islam utamanya dalam bidang zakat dan wakaf yang mampu bersaing secara nasional pada tahun 2022 dengan berlandaskan akhlak karimah

MISI:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan zakat dan wakaf untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keunggulan kompetitif dalam mengembangkan keterampilan dan profesi di bidang hukum zakat dan wakaf yang berlandaskan akhlak karimah.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengkajian keilmuan di bidang zakat dan wakaf secara multidisipliner yang berkualitas dan bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara efektif dan berkelanjutan dengan memanfaatkan keilmuan di bidang hukum zakat dan wakaf dalam rangka memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  4. Membangun kerja sama dengan berbagai pihak (baik dalam maupun luar negeri) untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, terutama dalam bidang hukum zakat dan wakaf

TUJUAN:

Program studi Zakat dan Wakaf memiliki tujuan sebagai berikut:

  1. Menjadi program studi zakat dan wakaf yang dapat membentuk sarjana yang memiliki keunggulan kompetitif dalam mengembangkan keterampilan dan profesi di bidang zakat dan wakaf yang berlandaskan akhlak karimahdan berjiwa Islam rahmatan lil 'alamin.
  2. Menjadi program studi yang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang zakat dan wakaf melalui kegiatan penelitian secara multidisipliner yang berkualitas dan bermanfaat bagi kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Menjadi program studi Zakat dan Wakaf yang dapat memberikan manfaat bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara berkualitas dan berkelanjutan
  4. Menjadi program studi Zakat dan Wakaf yang unggul dalam melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melalui jalinan kerja sama dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri.

 

PROFIL LULUSAN:

Profil Utama : Profil utama lulusan Program Studi Zakat dan Wakafadalah sebagai praktisi hukum Islam (calon hakim, panitera) dan praktisi di bidang zakat dan wakaf (amil zakat dan nazhir wakaf profesional) yang berkepribadian baik, memiliki integritas, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, serta bertanggung jawab terhadap pelaksanaan tugas berlandaskan nilai-nilai universal yang menjunjung tinggi kesetaraan, keadilan  dengan etika keislaman, keilmuan dan keahlian serta profesi.

Profil Tambahan : 1) Advokat

                             2) Mediator di Pengadilan Agama